Penting nya melek teknologi, Mahasiswa KKN melakukan Pengembangan dan mengajarkan penggunaan instragram sebagai media pemasaran usaha jasa pangkas rambut di Kelurahan Beji, kecamatan Nguntoronadi.

Mengajarkan penggunaan Instagram sebagai media pemasaran

Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri (01/08/2024) Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah mengganti cara individu berinteraksi satu sama lain. Teknologi informasi telah berkembang secara signifikan sekarang ini, khususnya perkembangan pemakaian internet telah mengubah cara hidup, bekerja, berkomunikasi dan belajar manusia. Contoh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya terciptanya media sosial. Strategi pemasaran adalah cara memperkenalkan produk dan jasa pada konsumen karena berkaitan dengan profit yang nantinya diterima perusahaan. Strategi pemasaran yang digunakan tidak hanya harus sejalan dengan target konsumen, tetapi juga dengan kompetitor sejenis.

Media sosial ialah bentuk aplikasi yang menghubungkan satu orang dengan orang lain melalui penggunaan perantara internet seperti Twitter, Instagram, WhatsApp, dll. Seiring perkembangan zaman menuju modernitas, media sosial kini menjadi kebutuhan bagi masyarakat luas. Salah satu penggunaan media sosial yaitu untuk kampanye pemasaran.

Salah satu media sosial yang cukup populer sekarang yaitu media sosial Instagram. Semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah memakai aplikasi ini. Dengan adanya istagram hal ini membuat perubahan pada proses promosi yang dulunya promosi dilakukan dari mulut ke mulut sekarang menjadi lebih mudah dan efisien. Inilah salah satu alasan mengapa Instagram menawarkan berbagai keuntungan bagi para pengusaha untuk membangun dan mengembangkan nama usahanya.

Mengajarkan penggunaan Instagram sebagai media pemasaran

Tetapi, di daerah kelurahan Beji kecamatan Nguntoronadi beberapa UMKM masih awam untuk menggunakan media seperti Instagram sebagai media pemasaran. Salah satu usaha yang berada di kelurahan Beji adalah usaha pangkas rambut mas nonot. Maka dari itu, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Dimas Ibnu Anas berinisiatif untuk melaksanakan program kerja KKN berupa rebranding logo usaha pangkas rambut mas Nonot dan penyuluhan Instagram sebagai media sosial untuk memasarkan usaha jasa tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (01/08/2024) dengan mendatangkan langsung ke tempat usaha jasa pangkas rambut mas Nonot. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Tim II Undip mengunjungi usaha pangkas rambut mas nonot yang terletak di kelurahan Beji. Progam tersebut memberikan pengetahuan dan memberi tahu penggunaan Instagram sebagai media pemasaran (seperti penggunaan tagar Instagram, membuat status, mempublish hasil potongan ke Instagram, dll) dan merebranding logo usaha pangkas rambut mas nonot. Tujuan nya adalah agar para konsumen bisa mengetahui secara luas tentang usaha pangkas rambut mas nonot. para konsumen bisa juga mengetahui jam buka pangkas rambut dan melihat hasil potongan dari mas nonot.

Penyuluhan ini bertujuan agar usaha pangkas rambut mas nonot bisa memasarkan usaha pangkas rambut di media sosial, menyebarkan lebih luas agar Masyarakat tahu tentang usaha pangkas rambut mas nonot, dan menarik para pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *